Thursday, August 7, 2008

Big Bang

Teori terbentuknya alam semesta yang terkuat adalah teori big bang. Menurut teori ini alam semesta tercipta melalui dentuman besar yang berasal dari suatu materi dengan volume nol dengan kerapatannya tak terhingga. Keadaan sebelum dentuman besar ini disebut singularitas atau mungkin digambarkan sebagai suatu yang tidak ada. Big bang ini menimbulkan materi yang terpancar ke segala penjuru dan menciptakan ruang dan waktu. Mungkin seperti balon, singularitas adalah keadaan dimana belum ada balon (balon belum ditiup) kemudian muncul balon yang tiba-tiba (dalam waktu singkat) membesar dan terus membesar. Seperti analogi balon, alam semesta juga terus mengembang, setiap benda yang ada bergerak saling menjauh.
Materi yang terpancar dari big bang berupa gas yang sangat panas dan menyebar ke segala penjuru. Setelah waktu yang lama materi ini menjadi dingin dan terbentuklah apa yang dikenal sebagai galaksi, bintang, planet nebula dan lain-lainya. Gaya gravitasi membuat planet bergerak mengelilingi bintang, membentuk system yang salah satunya dikenal sebagai Tata Surya (solar system) tempat bumi berada. Galaksi merupakan kumpulan yang terdiri dari milyaran bintang dengan jarak yang sangat jauh dengan galaksi lain. Sebagai efek dari big bang, galalaksi bergerak saling menjauh dengan kecepatan yang sangat tinggi dan semakin cepat. Alam semesta terus mengembang seperti balon yang terus ditiup sehingga jarak setiap titik di permukaannya semakin berjauhan.
Alam tercipta dengan keseimbangan yang sempurna, setiap benda berputar dan bergerak dalam lintasan yang teratur. Seperti proses di bumi, bintang baru ada yang terbentuk, sebagian menyusut, mengembang dan mati. Sebagai kelanjutan dari big bang, alam yang semula panas kemudian menjadi dingin dan akan terus menjadi dingin. Jika seluruh alam sudah menjadi dingin maka proses yang ada di alam akan berakhir termasuk kehidupan di dalamnya. Alam semesta berawal dari ketiadaan menjadi ada dan akan berakhir pada saatnya nanti (wallohualam).

No comments: